My Life So Cold

Selasa, 30 November 2010

Tugas ISD genap

A. Internalisasi Belajar & Spesialisasi
            Masa Remaja merupakan masa transisi (masih rentan)& secara psikologis sangat problematis atau dapat disebut banyak terdapat permasalahan didalam hidupnya, masa ini memungkinkan mereka berada dlam anomi akibat kontradiksi norma maupun orientasi mendua, sehingga sangat kebesaran membuat mereka mudah untuk melanggar peraturan-peraturan.
ORIENTASI MENDUA : Orientasi yang bertumpu pada harapan ortu, masyaraka & bangsa yang sering bertantangan dengan keterikatan serta loyalitas terhadap peer.
Ada 2 ALTERNATIF memecahkan masalah :
1. Mengaktifkan kembali fungsi keluarga & pendidikan agama
2. Menegakkan hokum
PERAN MEDIA MASSA : semakin permisifnya masyarakat juga tercemin pada isi media yang beredar. Paling rawan berada dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Ciri-cirinya :
1. Keinginan memenuhi & menyatakan indentitas diri
2. Kemampuan melepas diri dari ketergantungan orang tua
3. Kebutuhan memperoleh akseptabilitas di tengah sesama remaja
PERLU DIKEMBANGAN : Kecenderungan-kecenderungan relasi orang tua & remaja ( KROR)
• KROR positif : Faktor dukung orang tua & remaja yang edukatif
• KROR negatif : tidak mendukung karena bersifat destrruktif & konfrontatif
B. PEMUDA DAN IDENTITAS
PEMUDA : suatu generasi yang dipundaknya terbebani bermacam-macam harapan, dikarenakan sebgai generasi penerus yang akan selalu mengalami perubahan. Akan tetapi mempunyai permasalah-permasalahan yang sangat bervariasi, disampingnya pemuda juga memiliki potensi-potensi yang sangat beragam. Potensi yang dimiliki para pemuda juga sangat variatif sehingga dapat membantu membangun perkembangan di dunia.
PROSES SOSIALISASI : proses yang sangat menentukan kemampuan diri pemuda untuk menselaraskan diri di tengah-tengah kehidupan masyarakat, dapat dikatakan proses pembentukan kepribadian seseorang tergantung dimana mereka hidup dan bagaimana lingkungan disekitarnya.
I. Pembinaan & Pengembangan Generasi Muda
Pola Dasar Pembinaan & Pengembangan Generasi Muda ditetapkan Nomor : 0323/U/1978 tanggal 28 Oktober 1978.
Pembinaan & Pengembangan Generasi Muda disusun berlandaskan :
1. Landasan idiil : Pancasila
2. Landasan konstitusional : Undang-undang Dasar 1945
3. Landasan strategis : Garis-garis Besar Haluan Negar
4. Landasan historis : Sumpah Pemuda Tahun 1928 & Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
Landasan normative : Etika,tata nilai & tradisi luhur yang hidup di masyarakat
Motivasi dasar Pembinaan & Pengembangan Generasi Muda bertumpu pada strategi pencapaian tujuan nasional. Seperti telah dikandung di dalam Pembukaan UUD 1945 alinea IV.
Pembinaan & Pengembangan Generasi Muda ada 2 pengertian pokok :
1. Generasi muda sebagai subyek pembinaan & pengembangan adalah mereka yang telah memiliki bekal-bekal & kemampuan serta landasan untuk dapat mandiri dalam keterlibatannya secara fungsional bersama potensi lainnya,guna menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi bangsa dalam rangka kehidupan berbangsa & bernegara serta pembangunan nasional.
2. Generasi muda sebagai obyek pembinaan & pengembangan ialah mereka yang masih memerlukan pembinaan & pengembangan kea rah pertumbuhan potensi & kemampuan-kemampuannya ke tingkat yang optimal & belum dapat bersikap mandiri yang melibatkan secara fungsional
II. Masalah & Potensi Generasi Muda1. Permasalahan Generasi Muda
a. Dirasa menurunnya jiwa idealism,patriotism & nasionalisme.
b. Kekurangpastian yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya.
c. Belum seimbangnya antara jumlah generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia, baik formal maupun non formal.
d. Kurangnya lapangan kerja & Tingginya pengangguran.
e. Kurangnya Gizi untuk kecerdasan & pertumbuhan.
f. Masih banyak perkawinan yang di bawah umur.
g.Pergaulan bebas yang membahayakan.
h. Meningkatnya kenakalan remaja
i. Belum adanya peraturan perundangan yang menyangkut generasi muda.
2. Potensi-potensi Generasi Muda
a. Idealisme & daya kritis
b. Dinamika & Kreatifitas
c. Keberanian dalam mengambil resiko
d. Optimis & kegairahan semangat
e. Sikap kemandirian & disiplin murni
f. Terdidik
g. Keanekaragaman dalam persatuan & kesatuan
h. Patriotisme & Nasionalisme
i. Sikap kesatria
j. Kemampuan penguasaan imlu & teknologi
3. Sosialisasi : Proses yang membantu individu melalui belajar & penyesuaian diri dalam individu maupun masyarakat
o Tujuan pokok sosialisasi :
i. Individu harus diberi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan bagi kehidupan kelak di masyarakat
ii. Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif & mengembangkan kemampuannya
iii. Pengendalian fungsi-fungsi organic yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.
iv. Bertingkahlaku selaras dengan norma atau tata nilai & kepercayaan pokok yang ada pada lembaga atau kelompok khususnya & masyarakat umumnya
Faktor lingkungan bagi pemuda dalam proses sosialisasi memegang peran penting.
III. PERGURUAN & PENDIDIKANA. Mengembangkan Potensi Generasi MudaIni terjadi pada abad 20 karena kesulitan untuk pembangunan dunia. Pembinaan & pengembangan potensi angkatan muda , lebih diarahkan ke teori,kurangnya dalam pratikum.
B. Pendidikan & Perguruan TinggiKualitas sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat menentukan dalam proses pembangunan. Manusia bukan hanya obyek pembangunan, akan tetapi juga subyek pembangunan,.
Generasi muda , khususnya yang berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi menjadi penting, karena :
1. Sebagai kelompok masyarakat yang memperoleh pendidikan yang terbaik
2. Sebagai kelompok masyarakat yang paling lama di bangku sekolah
3. Mahasiswa yang berasal dari berbagai etnis & suku bangsa dapat menyatu dalam bntuk terjadinya akulturasi sosial & budaya
4. Kelompok yang akan memasuki lapisan atas dari susunan kekuasaan,struktur perekonomian & pretise di dalam masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar